ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN “PROSES ADAPTASI FISIOLOGI DAN PSIKOLOGI DALAM KEHAMILAN”




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Kehamilan  merupakan  alt alt Proses  Alami Yang Akan Cara cara membuat  perubahan  BAIK fisik  maupun  psikologis .  Perubahan  kondisi  fisik  Dan  emosional  Yang Kompleks, memerlukan  adaptasi  terhadap  alt alt Proses  kehamilan  Yang terjadi.
Alt alt Proses adaptasi fisiologi Mengajukan Hamil adalah alt alt Proses untuk menyesuaikan Diri terhadap perubahan-perubahan fisik yang normal Yang Yang Yang terjadi PADA Mengajukan selama Masa kehamilan. Adaptasi maternal meliputi adaptasi Anatomi, fisiologi Dan Metabolisme. Kehamilan  * * Bagi  Keluarga  Dan khususnya seorang  Wanita  merupakan Peristiwa Yang Penting , meskipun demikian  kehamilan  juga merupakan SAAT - SAAT krisis * * Bagi  Keluarga  di mana terjadi  perubahan  Identitas Dan Peran Mengajukan,  ayah , Serta anggota  Keluarga  TOTAL.
Kehamilan merupakan waktu Transisi, yakni suatu Masa ANTARA Kehidupan sebelum memiliki Anak Yang sekarang berada Dalam, kandungan Dan Kehidupan Nanti PENGHASILAN kena Anak nihil lahir. Status Perubahan Yang RADIKAL Suami dipertimbangkan sebagai suatu krisis disertai periode tertentu untuk menjalani alt alt Proses persiapan psikologis Yang secara Biasa selama kehamilan sudah ADA Dan mengalami puncakn PADA SAAT Bayi lahir.
Secara Umum, * * Semua emosi Yang dirasakan Diposkan oleh Wanita Hamil CUKUP labil. Ia dapat memiliki Reaksi Yang ekstrem Dan susana hatinya kerap berubah Artikel Baru CEPAT. Reaksi emosional Dan PERSEPSI mengenai Kehidupan juga dapat mengalami perubahan. Ia menjadi Ulasan Ulasan Sangat Sensitif Dan cenderung bereaksi berlebihan . Seorang Wanita Hamil Akan lebih Terbuka terhadap dirinya Sendiri Dan Suka Berbagi pengalaman kepada berbaring orangutan. Ia merenungkan Mimpi tidurnya, angan-angannya, fantasinya, Dan arti kata-katanya, objek, Peristiwa, konsep abstrak, seperti kematian, Kehidupan, keberhasilan, Dan kebahagiaan. Ia dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk fisik Yang berhubungan Erat Artikel Baru Masa Subur USIA atau mencukupkan Diri Artikel Baru Kehidupan atau MAKANAN.

B. Masalah
Masalah Yang dibahas Dalam,  makalah  Suami adalah  alt alt Proses Adaptasi Fisiologi Dan Psikologi Dalam, Kehamilan.

C. Tujuan
Tujuan Yang ingin di capai Dalam, Penulisan  Maka l ah  Suami adalah untuk mendeskripsikan  alt alt Proses Adaptasi Fisiologi Dan Psikologi Dalam, Kehamilan.
D. MANFAAT
MANFAAT Yang diharapkan Dalam, Penulisan makalah adalah sebagai berikut inisial.
1. Penulis dapat memperoleh pengetahuan Dan pemahaman tentang  alt alt Proses Adaptasi Fisiologi Dan Psikologi Dalam, Kehamilan.
2. Pembaca dapat memperoleh pengetahuan Dan pemahaman tentang  alt alt Proses Adaptasi Fisiologi Dan Psikologi Dalam, Kehamilan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. menjelaskan Hamil (gravida)
Hamil adalah mengandung Bayi (kamus kedokteran). Masa kehamilan adalah Masa Yang diawali Artikel Baru konsepsi Kawat Kawat warna Warna lahirnya Janin (sinopsis Obstetri). 
Alt alt Proses adaptasi fisiologi Mengajukan Hamil adalah alt alt Proses untuk menyesuaikan Diri terhadap perubahan-perubahan fisik yang normal Yang Yang Yang terjadi PADA Mengajukan selama Masa kehamilan. Adaptasi maternal meliputi adaptasi Anatomi, fisiologi Dan Metabolisme.

B . Perubahan Fisiologi Masa Kehamilan PADA 
1.       Perubahan PADA Alat Reproduksi
a.       Uterus
Rahim Yang semula besarnya sejempol atau beratnya 30 gram Akan mengalami hipertrofi Dan hiperplasia, sehingga menjadi seberat 1.000 gram SAAT Awal kehamilan, otot rahim mengalami hiperplasia Dan hipertrofi menjadi lebih Besar, Dan lunak dapat mengikuti pembesaran rahim KARENA  pertumbuhan Janin .
Pertumbuhan rahim PADA trimester PERTAMA terjadi sebagai respon terhadap rangsangan hormon yaitu hormon estrogen Dan progesteron.
Pembesaran uterus terjadi disebabkan KARENA:
  • Meningkatnya dilatasi pembuluh Darah Dan vaskularisasi
  • Hiperplasia Serabut-Serabut otot Dan jaringan fibroelastik
  • Perkembangan Bahasa Bahasa Dari deciduas PENGHASILAN kena Bulan SIBOR pembesaran uterus KARENA Janin pertumbuhan.
Untuk menentukan tuanya kehamilan berdasarkan TFU, Maka di Pakai patokan sbb:
·          Umur kehamilan 12 Minggu: TFU 3 jari Atas simfisis
·           Umur kehamilan 16 Minggu: TFU pertengahan simfisis - Pusat
·          Umur kehamilan 20 Minggu: TFU 3 jari Bawah Pusat
·          Umur kehamilan 24 Minggu: TFU setinggi Pusat
·          Umur kehamilan 28 Minggu: TFU 3 jari Atas Pusat
·          Umur kehamilan 32 Minggu: TFU pertengahan Pusat - prosesus sifoideus
·          Umur kehamilan 36 Minggu: TFU 3 jari Bawah prosesus sifoideus
·          Umur kehamilan 40 Minggu: TFU pertengahan Pusat - prasesus sifoideus.

Perubahan bentuk rahim PADA trimester I seperti buah pir terbalik, semester II berubah seperti bola, Dan trimester III berbentuk oval Dan Naik Bahasa Bahasa Dari Rongga panggul Rongga Perut Ke .
b. Vagina Dan Vulva
Vagina Dan vulva mengalami perubahan akibat hormon estrogen. Adanya hipervaskularisasi mengakibatkan Vagina Dan vulva Tampak lebih merah, agak kebiru-biruan (livide). Tanda Suami disebut Tanda Chadwick.

c. Ovarium
Sejak kehamilan 16 Minggu fungsi ovarium diambil Sarana Rahardja makmur Diposkan oleh plasenta, terutama fungsi memproduksi progesteron Dan estrogen. Selama kehamilan ovarium Tenang / beristirahat. Reguler regular tidak terjadi pembentukan Dan pematangan folikel baru Negara Negara, reguler regular tidak terjadi ovulasi, reguler regular tidak terjadi siklus menstruasi.

d. servik
Akibat peningkatan vaskular Serta perubahan PADA jaringan ikat DIBAWAH pengaruh estrogen, servik Dalam, kehamilan menjadi lunak. Terjadi sekresi kelenjar lendir servik Dan menjadi Kental sehingga dapat berperan sebagai Pelindung Yang meyumbat ostium uteri.

d. Payudara
Payudara membesar Akan Dan Tegang akibat somatomammotropin hormon, estrogen Dan progesteron, Akan tetapi belum mengeluarkan susu Udara. Papila mamma Akan membesar, lebih tegak Dan Tampak lebih hitam, seperti seluruh areola mamma KARENA hiperpigmentasi.

PADA kehamilan 12 Minggu Ke Atas keluar Cairan berwarna putih agak Jernih disebut colustrum. Namun alt alt Proses Laktasi dihambat Kawat Kawat warna Warna kelahiran KARENA adanya hormon estrogen Dan progesteron selama Hamil Yang CUKUP Tinggi KARENA diproduksi Diposkan oleh
plasenta.

Perubahan Payudara PADA Mengajukan Hamil, yaitu:
  1. Payudara menjadi lebih Besar
  2. Areola Payudara makin hiperpigmentasi
  3. Glandula Montgomery makin Tampak
  4. Puting susu makin menonjol
  5. Pengeluaran ASI belum berlangsung KARENA prolaktin belum berfungsi
  6. PENGHASILAN kena persalinan, hambatan prolaktin reguler regular tidak ADA sehingga Produksi ASI dapat berlangsung.
2 .  Perubahan PADA Perkemihan
PADA Bulan-Bulan PERTAMA kehamilan kandung kencing tertekan Diposkan oleh uterus Yang MULAI membesar, sehingga sering kencing Timbul. PADA Awal kehamilan, Bila Kepala Janin MULAI turun--Ke Bawah, keluhan sering kencing Akan Timbul Lagi KARENA kandung kencing tertekan MULAI nilai buku. Dalam, ureter kehamilan kenari Dan kiri membesar KARENA pengaruh progesteron. Tetapi ureter kenari lebih Besar Bahasa Bahasa Dari ureter kiri akibat berubahnya Posisi rahim Ke kenari Diposkan kolon sigmoid Diposkan oleh.
PADA trimester II kandung kemih terdorong keluar bahasa Bahasa Dari Rongga panggul Ke Perut sehingga saluran uretra memanjang, juga hiperemia PADA Kandung kencing Dan uretra sehingga terjadi trauma Siaran Dan Browser web Dan Berdarah. Dalam, keadaan ginjal yang normal mereabsorbsi Yang hampir seluruh glucosa Dan sas nutrien TOTAL sehingga kemungkinan glukosuria ditemukan PADA Mengajukan Hamil. Ibu Hamil protein juga mengalami peningkatan disebabkan kebutuhan urine asam amino MENINGKAT Kadar protein urin + reguler regular tidak menunjukkan kondisi patologis.
clip_image004

3 . Perubahan PADA Pencernaan
  • Mulut, Selama trimester Hamil SAYA mengalami KARENA Mual peningkatan HCG. Trimester II nafsu Makan MULAI Naik.
  • Gusi, Mengalami hyperemia Dan membengkak KARENA meningkatnya Kadar estrogen.
  • Gigi, Gigi PADA Wanita Hamil memerlukan sekitar 1,2 gr kalsium Dan kurang lebih sama Artikel Baru JUMLAH fostor terkait di masa mendatang Masih berlangsung aceh selama kehamilan Dan MENINGKAT 0,4 gr untuk terkait di masa mendatang Masih berlangsung elemen.
  • Motilitas gastrointestinal, Selama kehamilan motilitas gastrointestinal mengalami penurunan akibat peningkatan hormon progesterone Yang dapat menurunkan Produksi motilin yaitu suatu peptida Yang dapat menstimulasi pergerakan otot USUS. Waktu transit yang Yang MAKANAN Yang melewati gastrointestinal lebih lama / melambat dibanding PADA Wanita Hamil regular tidak teratur. Hal nihil peningkatan menyebabkan penyerapan air di USUS Besar sehingga sering sembelit Dan resiko haemmorroid MENINGKAT. Sedangkan peningkatan estrogen menyebabkan menurunnya sekresi HCL lambung.
  • clip_image002Kandung Empedu, Fungsi kandung empedu mengalami perubahan selama kehamilan KARENA hypotoni PADA otot kandung empedu Dinding. Waktu pengosongan lebih Lambat empedu mengalami penebalan akibat meningkatnya Kadar progesteron reguler regular tidak terjadi perubahan Morfologi PADA hati selama kehamilan normal, namun fungsi hati mengalami penurunan aktifitas serum fosfatase mengalami gangguan alkhali Yang mungkin KARENA disebabkan meningkatnya isoenzim alkalin fosfatase plasenta. Penurunan Kadar albumin atau globulin terjadi selama kehamilan merupakan suatu keadaan Yang normal.
4.  Perubahan PADA Cardiovaskuler
Terjadi peningkatan kebutuhan Darah untuk ITU Dan Janin sehingga terjadi peningkatan cardial output. Perubahan Posisi Jantung seperti diafragma terdorong Yang Ke Atas, Jantung mengalami elevasi Ke Atas Dan Ke Bagian tidak regular tidak berputar DEPAN Sebelah kiri. Perubahan auscultasi berhubungan Artikel Baru perubahan UKURAN, TEMPAT perubahan, perubahan Volume Yang Dan perubahan Keluaran cardial.

. Tekanan Darah Bervariasi, Tergantung Bahasa Bahasa Dari kondisi, TEMPAT pengukuran, kecemasan, Dan Posisi Mengajukan Selama trimester kehamilan II terjadi penurunan sistolik Dan diastolik sekitar 5 -. 10 mm / hg KARENA vas dilatasi perifer akibat peningkatan hormon selama kehamilan Wanita Hamil mengalami kompresi PADA vena Illica Dan vena cava inferior Diposkan oleh rahim dapat menyebabkan meningkatkan tekanan vena Dan menurunnya Aliran Darah PADA kesemek. Perubahan Suami menimbulkan oedem Dan varises.

5.  Perubahan PADA Musculuskeletal
Lordosis Progresif merupakan Gambaran Yang karakteristik PADA kehamilan normal. Untuk mengkompensasi Posisi anterior uterus Yang membesar, lordosis menggeser Pusat gravitasi Ke Belakang PADA tungkai Bawah. Terdapat peningkatan Mobilitas Sendi sakroiliaca, sakrocoksigeal, Dan Sendi pubis selama kehamilan, kemungkinan akibat perubahan hormonal. Mobilitas nihil mungkin menyebabkan perubahan postur Mengajukan, Dan selanjutnya mengakibatkan rasa regular tidak biasa Nyaman dipunggung Bagian tidak regular tidak Bawah, terutama PADA Awal kehamilan. Selama trimester Awal kehamilan, rasa pegal, mati rasa, Dan Lemah kadangkala dialami PADA ekstremitis Atas. Hal inisial kemungkinan merupakan akibat lordosis Nyata Yang disertai Artikel Baru fleksi anterior Leher Dan merosotnya gelang bahu.

6.  Penggunakan Penggunakan Sistem respirasi
Frekuensi pernafasan regular tidak berubah reguler Dan elevasi diafragma menurunkan Volume paru SAAT istirahat namun terdapat peningkatan "volume tidal" sebesar 40% Serta terjadi kenaikan "menit ventilasi" Bahasa Bahasa Dari 7,25 liter menjadi 10,5 liter.
Tekanan CO2 (pCO2) lebih Janin plasma Besar dibanding plasma Mengajukan sehingga CO2 Artikel Baru Siaran Dan Browser web kedalam Darah maternal. Selain Hal Suami, akibat hiperventilasi pulmonal Kadar CO2 Dalam, plasma menurun Mengajukan sekitar 8% dibandingkan PADA Masa sebelum kehamilan.

C. Perubahan Psikologi Dalam, Masa Kehamilan
Secara Umum, * * Semua emosi Yang dirasakan Diposkan oleh Wanita Hamil CUKUP labil. Ia dapat memiliki Reaksi Yang ekstrem Dan susana hatinya kerap berubah Artikel Baru CEPAT. Reaksi emosional Dan PERSEPSI mengenai Kehidupan juga dapat mengalami perubahan. Ia menjadi Ulasan Ulasan Sangat Sensitif Dan cenderung bereaksi berlebihan . Seorang Wanita Hamil Akan lebih Terbuka terhadap dirinya Sendiri Dan Suka Berbagi pengalaman kepada berbaring orangutan. Ia merenungkan Mimpi tidurnya, angan-angannya, fantasinya, Dan arti kata-katanya, objek, Peristiwa, konsep abstrak, seperti kematian, Kehidupan, keberhasilan, Dan kebahagiaan. Ia dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk fisik Yang berhubungan Erat Artikel Baru Masa Subur USIA atau mencukupkan Diri Artikel Baru Kehidupan atau MAKANAN.             Selama kehamilan berlangsung, terdapat Rangkaian alt alt Proses psikologis KHUSUS Yang jelas, Yang terkadang Tampak berkaitan Erat Artikel Baru perubahan biologis Yang Tanggal Bergabung terjadi. Peristiwa Dan alt alt Proses psikologis inisial dapat diidentifikasi PADA trimester SIBOR Dan PEMBAGIAN trimester Suami Akan digunakan PADA Diskusi berikut. Respon psikologis Umum terhadap kehamilan Yang baru Negara Negara Saja dibahas Dan alt alt Proses manapun Peristiwa psikologis KHUSUS berbaring dapat berbaring dapat terulang Lagi.

 1.Pada Kehamilan Trimester  I
            Segera setealah konsepsi, hormon progesteron Kadar estrogen Dalam, Dan TUBUH Akan MENINGKAT. Suami menyebabkan timbulnya Mual muntah Bendungan PADA Pagi aceh, Lemah, Lelah Dan membesarnya Payudara. Ibu merasa regular tidak teratur Sehat Dan seringkali membenci kehamilannya. BANYAK Mengajukan Yang kekecewaa merasakan, penolakan, Dan kecemasan kesedihan. Seringkali, PADA tempo Masa kehamilan Mengajukan berharap untuk regular tidak teratur Hamil.

a.  Ketidakyakinan / ketidakpastian
Awal Minggu  kehamilan ,  Wanita  Akan merasa regular tidak teratur Artikel Baru Yakin kehamilannya Dan berusaha untuk mengkonfirmasikan  kehamilan  nihil. Hal KARENA disebabkan Suami Tanda-Tanda  fisik  Akan kehamilannya reguler regular tidak begitu jelas atau sedikit berubah. terkait di masa mendatang Masih berlangsung  Wanita  memiliki tingkat Reaksi Yang bevariasi terhadap ketidakyakinan Akan  kehamilan .  Wanita Hamil  Akan berusaha untuk MENCARI kepastian bahwa dirinya  Hamil , menjadi Takut Akan  kehamilan  Yang terjadi Dan berharap Tanda-Tanda nihil menunjukkan bahwa dirinya regular tidak teratur  Hamil .
Fase Suami, seorang  Wanita  Akan mengobservasi seluruh tubuhnya untuk memastikan Bagian tidak regular tidak  perubahan  Yang mengindikasikan Tanda-Tanda  kehamilan , kepada merundingkan  Keluarga  Dan Teman tentang kemungkinan bahwa telah terjadi kehamilan , memvalidasi  kehamilan  nihil Artikel Baru menggunakan tes  kehamilan .
b.  Ambivalen
Ambivalen  didefinisikan sebagai konflik perasaan Yang simultan, seperti Cinta Dan Benci terhadap seseorang, sesuatu, atau keadaan (Bobak, Lowdermilk, & Jensen, 2005). terkait di masa mendatang Masih berlangsung  Wanita Hamil  memiliki sedikit rasa  ambivalen  Dalam, dirinya selama Masa  kehamilan .  Ambivalen  merupakan respon  Yang yang normal  ketika individu memasuki suatu Akan Peran baru Negara Negara. Beberapa  Wanita  merasa bahwa inisial regular tidak teratur Nyata Dan bukanlah SAAT Yang tepat untuk  Hamil , Suami walaupun telah direncanakan atau diidamkan.
Wanita  Yang sudah merencanakan  kehamilan  sering berpikir bahwa dirinya membutuhkan waktu lama untuk menerima Yang  kehamilan , Akan merasa khawatir Artikel Baru bertambahnya tanggung Jawab Dan perasaan Akan ketidakmampuannya untuk menjadi  orangutan Tua  Yang Baik, Serta Takut jika  kehamilan  Suami Akan mempengaruhi hubungannya Artikel Baru berbaring orangutan.

c.  Fokus PADA Diri Sendiri
Awal  kehamilan , Pusat  Pikiran  Mengajukan berfokus PADA dirinya Sendiri, Bukan PADA  Janin . Ibu merasa bahwa  Janin  merupakan Bagian tidak Yang regular tidak regular tidak teratur terpisahkan Bahasa Bahasa Dari Diri Mengajukan, calon Mengajukan juga MULAI berkeinginan untuk menghentikan rutinitasnya Yang Penuh Tuntutan sisial Dan tekanan agar dapat menikmati waktu Kosong Tanpa Beban. BANYAK waktu Yang dihabiskan untuk  TIDUR .
Perubahan fisik  Dan meningkatnya  hormon  Akan menyebabkan  emosi menjadi labil.  Perubahan  hormonal merupakan Bagian tidak regular tidak bahasa Bahasa Dari respon Mengajukan terhadap kehamilan .  Perubahan  hormon  inisial dapat menjadi penyebab  perubahan  mood, hampir sama seperti SAAT  Wanita  mestruasi atau  menopause . Suasana hati  Mengajukan Hamil  Akan  Siaran Dan Browser web Sekali berubah-ubah.  Perubahan  inisial seringkali Cara cara membuat Mengajukan Dan orangutan orangutan di Sekitarnya menjadi bingung.

Selama  trimester I , seringkali keinginan  seksual  Wanita  menurun. Ketakutan Akan  keguguran  menjadi penyebab pasangan menghindari  AKTIVITAS  seksual . Apalagi jika  Wanita  nihil sebelumnya pernah mengalami  keguguran .


2.Pada Kehamilan Trimester Kedua
            Trimester kedua sering dikenal sebagai periode Kesehatan Yang Baik, yakni periode ketika Wanita merasa Nyaman Dan prabayar prabayar bebas bahasa Bahasa Dari Segala ketidaknyamanan Yang Biasa Hamil dialami SAAT. Namun, trimester kedua juga merupakan fase ketika Wanita menelusur Ke Dalam, Dan memucat BANYAK mengalami kemunduran. Trimester kedua sebenarnya terbagi Atas Doa fase: pra-mempercepat Dan pasca-Percepatan. Mempercepat menunjukkan kenyataan adanya Kehidupan Yang terpisah, Yang menjadi dorongan * * Bagi Wanita Dalam, melaksanakan Tugas psikologis utamannya PADA trimester kedua, yakni mengembangkan Identitas sebagai Mengajukan * * Bagi dirinya Sendiri, Yang berbeda Bahasa Dari bahasa ibunya.
PADA trimester kedua, MULAI terjadi perubahan PADA TUBUH. Orang Akan mengenali Nama Dan Kembali Tanggal Gabung Hamil. PADA Akhir trimester kedua, rahim membesar Akan sekira 7,6 cm di Atas pusar. Pertambahan berat untuk untuk badan rata-rata 7,65-10, 8 kg termasuk pertambahan berat untuk untuk bahasa bahasa Dari trimester PERTAMA. Janin MULAI Aktif Bergerak PADA periode inisial.

3.Pada Kehamilan Trimester SIBOR     
            Trimester SIBOR sering disebut periode Penantian Artikel Baru Penuh kewaspadaan. PADA periode inisial Wanita MULAI menyadari kehadiran Bayi sebagai makhluk Yang terpisah sehingga besarbesaran menjadi regular tidak sabar biasa Menanti kehadiran sang Bayi. Ada perasaan ITU-ITU mengingat Bayi dapat lahir kapanpun. Hal inisial membuatnya berjaga- jaga SEMENTARA AGLOCO memperhatikan Dan Menunggu Tanda Dan gejala persalinan Muncul.
Trimester SIBOR waktu merupakan, persiapan Yang Aktif Dalam, terlihat Menanti kelahiran Bayi Dan menjadi orangutan Tua SEMENTARA perhatian Utama Wanita terfokus PADA Bayi Yang Akan segera dilahirkan. Pergerakan Janin Dan pembesaran uterus, keduanya menjadi Hal Yang Terus menerus mengingatkan tentang keberadaan Bayi. Wanita nihil lebih . protektif terhadap bayinya Sebagian Besar pemikiran PADA difokuskan perawatan Bayi. Ada BANYAK spekulasi mengenai JENIS kelamin Dan Wajah Bayi ITU kelak. Sejumlah ketakutan Muncul PADA trimester SIBOR. Wanita mungkin merasa cemas Artikel Baru Kehidupan Bayi Dan kehidupannya Sendiri. Seperti: apakah bayinya Nanti Akan lhir abnormal, terkait di masa mendatang di Masa mendatang persalinan Dan pelahiran (Nyeri, Kehilangan KENDALI ITU, Maka Hal-Hal Yang regular tidak biasa diketahui berbaring), apakah AGLOCO Akan menyadari bahwa besarbesaran bersalin Akan menggandakan, atau bayinya regular tidak Mampu biasa keluar KARENA perutnya sudah Luar Biasa Besar, atau apakah organ vitalnya Akan mengalami cedera akibat Tendangan Bayi. Ia juga mengalami alt alt Proses Duka berbaring ketika besarbesaran mengantisipasi hilangnya perhatian Dan hak Istimewa KHUSUS berbaring selama kehamilan, perpisahan ANTARA besarbesaran Dan bayinya Yang reguler regular tidak dapat dihindari, Dan perasaan Kehilangan KARENA uterusnya Yang Penuh secara Tiba-Tiba mengembang Dan mengembang dan mengempis Akan Dan RUANG nihil menjadi Kosong.
Depresi Ringan merupakan Hal Yang Umum terjadi Dan Wanita dapat menjadi lebih bergantung PADA orangutan LAIN lebih lanjut Dan lebih menutup Diri KARENA perasaan Rentannya. Wanita Akan nilai buku merasakan ketidaknyamanan fisik Yang semakin KUAT menjelang Akhir kehamilan. Ia Akan merasa Canggung, jelek, berantakan, Dan dukungan memerlukan Yang Ulasan Ulasan Sangat Besar Dan Konsisten Bahasa Bahasa Dari pasangannya. PADA pertengahan trimester SIBOR, peningkatan Hasrat seksual Yang terjadi PADA trimester sebelumnya Akan menghilang KARENA abdomennya Yang semakin Besar menjadi halangan. Alternatif untuk mencapai kepuasan dapat membantu atau dapat menimbulkan perasaan bersalah jika besarbesaran regular tidak teratur merasa Nyaman Artikel Baru Cara-Cara nihil. Berbagi perasaan secara jujur ​​Artikel Baru pasangan Dan Konsultasi menjadi Ulasan Ulasan Sangat Penting.

D.   Beberapa  Cara  untuk Menyeimbangkan Kondisi Psikologis Ibu Hamil  
            Ibu Hamil Yang Tanggal Gabung, Pasti Akan mengalami berbagai perubahan Macam Bukan HANYA perubahan secara fisik namun juga secara psikologis. Untuk Mengajukan ITU-Mengajukan Yang tangguhan Tanggal Gabung mengandung buah hati, harus Selalu menjaga kondisi psikologisnya agar Tetap BAIK Dan seimbang. Jika kondisi psikologis sang Mengajukan BAIK pastinya menyanyikan Mengajukan Akan lebih Tenang atau rileks SAAT menjalani Masa-masa kehamilannya.
 Berikut beberapa  Cara  Yang dapat menyeimbangkan kondisi psikologis SAAT Mengajukan Tanggal Gabung mengandung , yaitu:

1. INFORMASI
MENCARI  INFORMASI Seputar kehamilan terutama mengenai perubahan Yang terjadi Dalam, Diri Mengajukan termasuk Hal-Hal Yang Perlu dihindari SAAT Tanggal Gabung mengandung agar Janin Sehat Tumbuh. Pengetahuan atau INFORMASI Yang tepat Akan Mengajukan Cara cara membuat merasa lebih Yakin Bisa sekaligus mengurangi rasa cemas Yang sering KARENA Muncul ketidaktahuan mengenai perubahan Yang terjadi. KOMUNIKASI Artikel Baru Suami.
Bicarakanlah perubahan Yang terjadi PADA Diri Mengajukan selama Hamil Artikel Baru Suami bernyanyi, sehingga AGLOCO juga INDUSTRI industri tahu Dan dapat memaklumi perubahan Yang terjadi PADA Diri Mengajukan. Reguler regular tidak JARANG jika Mengajukan mengkomunikasikan Hal inisial, menyanyikan Suami Akan memberikan dukungan psikologis Yang dibutuhkan.
2. Rajin chek up
            Periksakan kehamilan secara teratur. CARI INFORMASI Bahasa Bahasa Dari Dokter atau bidan terpercaya mengenai kehamilan Yang sekarang Mengajukan jalani. JANGAN Lupa, ajaklah Suami SAAT berkonsultasi Ke Dokter atau bidan.
3. Makan Sehat
Pahami BENAR pengetahuan mengenai asupan MAKANAN Yang Sehat * * Bagi perkembangan Janin. Hindarilah mengonsumsi Bahan Yang dapat membahayakan Janin, seperti MAKANAN Yang mengandung aditif sas-sas, Alkohol, ROKOK, atau obat-obatan Yang regular tidak dianjurkan biasa * * Bagi Mengajukan Hamil. Jauhkan juga sas gas berbahaya seperti buang Kendaraan Yang mengandung timah hitam Yang berbahaya * * Bagi perkembangan kecerdasan otak Janin.
4. Jaga Penampilan
Perhatikanlah penampilan fisik Artikel Baru menjaga kebersihan Dan berpakaian Yang Sesuai Artikel Baru kondisi badan Mengajukan Yang Tanggal Gabung Doa berbadan. JANGAN Lupa untuk melakukan latihan fisik Ringan, seperti berenang atau jalan kesemek Ringan untuk memperlancar persalinan.
5. Kurangi Kegiatan
Lakukanlah penyesuaian kegiatan Artikel Baru kondisi fisik SAAT Hamil. Memasuki Masa persalinan, Mengajukan Dan Suami harus sudah SIAP Artikel Baru berbagai perubahan Yang Akan terjadi PENGHASILAN kena kelahiran sang Bayi.
6. Dengarkan Musik
Upayakan agar terhindar berbagai Cara Bahasa Bahasa Dari stres. Atasilah kecemasan maupun emosi yang negatif Yang TOTAL Artikel Baru mendengarkan musik lembut, Belajar perhatian memusatkan, berzikir, yoga atau relaksasi TOTAL.
7. Senam Hamil
Bergabunglah Artikel Baru Nama nama kelompok Senam Hamil sejak USIA kandungan menginjak USIA 5-6 Bulan. JANGAN Lupa untuk berkonsultasi terlebih PERUSAHAAN Afiliasi Artikel Baru Dokter kandungan. Senam Hamil regular tidak teratur HANYA bermanfaat melatih otot-otot Yang diperlukan Dalam, alt alt Proses persalinan, melainkan juga memberi MANFAAT psikologis. Pertemuan Sesama Calon Mengajukan biasanya diisi Artikel Baru Acara Berbagi pengalaman Yang dapat dijadikan Pelajaran positif. Melalui kegiatan ITU pula secara perlahan kesiapan psikologis Calon Mengajukan Dalam, menghadapi persalinan menjadi semakin mantap.
8. Latihan Pernafasan
 Lakukanlah latihan relaksasi Dan latihan pernapasan secara teratur. Latihan Suami bermanfaat ketenangan untuk Dan kenyamanan sehingga kondisi psikologis Bisa lebih stabil.

E.  Adaptasi  Ibu  Terhadap Kehamilan
            Untuk Artikel adanya perubahan hormonal PADA TUBUH Dalam, Mengajukan, makaa terjadi gejala fisikdan psikiss Serta merupakan stressor Dalam, Kehidupan. Misalnya adaa stressor Keluarga Yang regular tidak teratur disetujui Diposkan oleh tuanya orangutan, kesepian, Dan kekhawatiran Akan adanya bayinya.

Adaptasi Mengajukan terhadap kehamilannya:
1.               Menerima kehamilannya
2.               Hubungan Artikel Baru Janin
3.               Menyesuaikan Artikel Baru perubahan Yang terjadi
4.               Menyesuaikan perubahan Suami Istri
5.               Persiapan melahirkan Dan menjadi seorang Mengajukan

BAB III
PENUTUP

A.        Penutup
Kehamilan  merupakan  alt alt Proses  Alami Yang Akan Cara cara membuat  perubahan  BAIK fisik  maupun  psikologis .  Perubahan  kondisi  fisik  Dan  emosional  Yang Kompleks, memerlukan  adaptasi  terhadap  alt alt Proses  kehamilan  Yang terjadi.
            Kehamilan merupakan waktu Transisi, yakni suatu Masa ANTARA Kehidupan sebelum memiliki Anak Yang sekarang berada Dalam, Dan kandungan Kehidupan Nanti PENGHASILAN kena Anak nihil lahir. Status Perubahan Yang RADIKAL Suami dipertimbangkan sebagai suatu krisis disertai periode tertentu untuk menjalani alt alt Proses persiapan psikologis Yang secara Biasa selama kehamilan sudah ADA Dan mengalami puncakn PADA SAAT Bayi lahir.

B.      Saran
Mengingat pentingnya pengetahuan tentang perubahan fisiologi Dan Psikologi Dalam, kehamilan Serta adaptasinya, Maka para Mahasiswa Kebidanan diharapkan mengetahui Dan memahami   alt alt Proses nihil sehingga dapat memberikan asuhan Yang tepat kepada para Calon Mengajukan Yang Tanggal Gabung lahirnya sang buah hati menentikan.

No comments:

Post a Comment