gumoh,oral trush,diaperush dan seborrhea




PENATALAKSANAAN gumoh, ORALTRUSH, DIAPERUSH DAN ASEBOREA
A. gumoh 

1. Jelasnya

Gumoh adalah keluarnya isi lambung melalui Mulut (seperti muntah) terjadi PADA Bayi KARENA katup ANTARA lambung Dan esofagus (kerongkongan) belum Sempurna Dan adanya Udara di Dalam, lambung Yang terdorong keluar kala MAKANAN masuk Ke Dalam, lambung bayi.Walaupun mirip Artikel Baru muntah, namun gumoh Suami berbeda, gumoh regular tidak disertai kontraksi PADA PADA Dinding lambung, Dan biasanya gumoh mengeluarkan Cairan Yang jumlahnya sedikit, sedangkan muntah ADA tekanan yang negatif Bahasa Dari Perut mendorong diafragma. Gumoh Suami Biasa terjadi PADA Bayi Yang berusia 0 Wire color Kawat warna 6 Bulan.
2 Etiologi.
Ada Tiga Hal Utama Yang menyebabkan gumoh: 
 Belum sempurnanya katup ANTARA lambung Dan kerongkongan, sehingga susu Yang diminum Siaran dan hiburan keluar book value 
 Terlalu BANYAK air minum susu, padahal kapasitas lambung Masih sedikit, sehingga regular tidak Mampu menampung susu Yang masuk 
 AKTIVITAS Yang berlebihan , Menangis atau menggeliat PADA SAAT disusui, sehingga susu keluar book value. 
gumoh merupakan Hal Yang normal usaha dan lumrah terjadi PADA * Semua Bayi. Yang harus kitd perhatikan adalah Hal Suami regular tidak mengganggu pertumbuhan Wire color Kawat warna berat untuk badan Bayi Dan Bayi regular tidak menolak air minum. 
Jadi selama Bayi mengalami gumoh Yang normal, kitd regular tidak Perlu Panik itu, maka hal inisial yang normal terjadi PADA USIA Anak 0 Wire color Kawat warna 6 Bulan, Dan Akan berhenti Artikel Baru sendirinya , seiring fungsi organ tubuhnya semakin membaik Dan Sempurna.

3 Cara mengatasi gumoh.
Untuk mencegah gumoh dapat dilakukan Hal-Hal berikut: 
.  untuk Artikel menyendawakan Bayi, yaitu Artikel Baru menepuk-nepuk Punggung Bayi Dalam, keadaan tegak, agar Udara Yang tertelan dapat dikeluarkan sehingga regular tidak mendorong keluar susu Yang telah diberikan 
 Ketika memberi air minum , Posisi Bayi Yang BAIK adalah Kepala Bayi harus lebih Tinggi bahasa Dari tubuhnya. Oleh KARENA ITU JANGAN memberikan air minum kepada Bayi Dalam, Posisi TIDUR terlentang. Sebaiknya Anak digendong Dalam, pelukan Dan Kepala Tetap lebih Tinggi bahasa Dari badannya. 
 Bila menggunakan ASI, JANGAN biarkan Bayi menghisap puting Saja, tetapi areola (Bagian tidak kecoklatan di sekitar puting) juga harus masuk atau menempel Ke Mulut Bayi. 
 JANGAN meletakkan Bantal di Kepala Bayi tetapi letakkan Bantal nihil atau sesuatu Yang Bisa mengganjal di Bawah TEMPAT TIDUR Bayi PADA Bagian tidak Bawah Kepala. Jadi Bayi regular tidak TIDUR Artikel Baru menggunakan Bantal, tetapi TEMPAT TIDUR Yang digunakan Dalam, kondisi Miring, Bagian tidak Kepala lebih Tinggi bahasa Dari PADA Bagian tidak kesemek.

Jika gumoh inisial disertai komplikasi Artikel Baru, Maka Perlu penanganan lebih lanjut Bahasa Dari Dokter untuk menghentikannya. Gumoh Yang berbahaya Suami KARENA disebabkan asam lambung MENINGKAT Yang dipicu Diposkan oleh iritasi di kerongkongan. peradangan di kerongkongan, sehingga Bayi menolak Makan Dan air minum akhirnya berpengaruh PADA berat untuk badan Bayi Yang tak kunjung bertambah. Selain ITU Anak jadi gelisah, rewel, nangis, Dan Selalu menolak air minum.
B. ORALTRUSH 

1. Jelasnya

Oral Thrush adalah kandidiasis selaput, lendir Mulut, mukosa biasanya Dan lidah, dan kadang-kadang Dan palatum, Gusi Serta Lantai Mulut. Penyakit Suami ditandai Artikel Baru plak-plak putih bahasa Dari Bahan lembut menyerupai gumpalan susu Yang dapat dikelupas, Yang meninggalkan permukaan perdarahan mentah. Penyakit Suami biasanya menyerang Bayi Yang Sakit atau Lemah, individu Artikel Baru kondisi buruk Kesehatan, Artikel Baru pasien Tanggap Imun Lemah, Serta kurang sering, pasien (kamus Dorland) Oral thrush disebut Artikel Baru lisan candidiasis atau moniliasis, Dan sering terjadi Yang telah menjalani PENGOBATAN Antibiotik Artikel Baru. PADA Masa Bayi tetapi seiring bertambahnya Artikel Baru USIA, Angka Kejadian semakin JARANG, kecuali PADA Bayi Yang mendapatkan PENGOBATAN Antibiotik.

Ketegangan-JENIS Oraltrush 

Ada 3 JENIS oraltrush Yang kerap menyerang Anak, yaitu: 
1. Stomatitis apthosa 
Sariawan inisial akibat adanya trauma, misalnya tergigit atau terkena sodokkan sikat gigi hingga luka atau lecet. Bila Kuman masuk Dan Daya Tahan TUBUH menurun, Maka luka menjadi infeksi. Biasanya Timbul peradangan Dan rasa Sakit atau Nyeri. Untuk si Kecil kebaikan, pilihlah sikat gigi Yang lembut Dan bersihkan gigi secara BENAR untuk mengurangi Potensi luka. 2. Oral thrush / moniliasis Disebabkan Diposkan oleh jamur candida albican Yang biasanya dijumpai Dan bersarang di Lidah. PADA keadaan normal, jamur memang terdapat Dalam, Mulut. TAPI SAAT Daya Tahan tubuhnya menurun, Serta penggunaan Obat Antibiotik Yang berlangsug lama atau melebihi Jangka waktu pemakaian, Akan memudahkan jamur candida albican Tumbuh melebihi normal. 3. Stomatitis herpes virus herpes simplek Disebabkan Dan berlokasi di Bagian tidak Belakang Tenggorokan. Sariawan ditenggorokan terjadi jika virus ADA Yang Tanggal Gabung mewabah Dan Daya Tahan TUBUH Tanggal Gabung rendah.Sariawan JENIS stomatitis herpetic Dan stomatitis apthosa Biasa terjadi PADA Anak-anak, SEMENTARA Anak balita lebih BANYAK mengidap sariawan JENIS moniliasis.




2. Etiologi
PADA umumnya oral thrush disebabkan Diposkan oleh jamur Candida albicans Yang ditularkan melalui vaginanya Mengajukan Yang terinfeksi selama persalinan (SAAT Bayi baru Negara lahir) atau Transmisi melalui botol susu Dan puting susu Yang regular tidak bersih desa, atau Cuci Tangan Yang regular tidak benar.Oral thrush PADA Bayi terjadi 7-10 aceh Penghasilan kena persalinan. Jamur candida albicans pajaknya saprofit sehingga jika Daya Tahan TUBUH Bayi turun-atau PADA pengguna antibiotika Yang lama dapat terjadi pertumbuhan jamur inisial secara CEPAT Dan dapat menimbulkan infeksi berupa oral thrush Dan diare, sehingga apabila penggunaan Antibiotik tertentu PADA USIA DIBAWAH 1 tahun Akan mengakibatkan sariawan atau lisan Yang thrush menetap. Candida albicans Tahan terhadap hampir * Semua antibiotika Yang Biasa dipergunakan Dan dapat Berkembang sewaktu mikroorganisme berbaring tertekan.Oral thrush juga dapat terjadi KARENA Bakteri di Mulut Dalam, KARENA kurang menjaga kebersihan di Mulut.  
  

3. Tanda Dan Gejala
 Tampak bercak keputihan Mulut PADA, seperti bekas susu Yang Sulit dihilangkan. 
 Bayi kadang-kadang menolak untuk air minum atau menyusu. 
 mukosa Mulut mengelupas. 
 Lesi multiple (luka-luka BANYAK) PADA selaput lendir Mulut Wire color Kawat warna BIBIR memutih menyerupai bekuan susu Yang melekat, Bila dihilangkan Dan kemudian Berdarah. 
 Bila terjadi kronis Maka terjadi granulomatosa (lesi berbenjol Kecil) menyerang sejak Bayi Wire color Kawat warna Anak-anak Yang berlangsung lama hingga beberapa Tahun Akan menyerang kulit Anak.

4. Komplikasi

PADA Bayi baru Negara lahir, apabila mulut sariawan regular tidak segera ditangani atau diobati Maka Akan menyebabkan kesukaran air minum (menghisap puting susu) sehingga Akan berakibat Bayi Kekurangan makanan.Oral thrush nihil dapat mengakibatkan diare KARENA jamur dapat tertelan Dan menimbulkan infeksi USUS Yang Bila dibiarkan Dan regular tidak diobati Maka Bayi Akan terserang diare. Diare juga dapat terjadi apabila masukan susu kurang PADA waktu Yang lama. 5. Penatalaksanaan Penatalaksanaan oraltrush yaitu:  Untuk menghindari oraltrush terkait masih berlangsung Bayi jika selesai air minum susu berikan 1-2 sendok teh air Matang untuk membilas Sisa susu Yang terdapat PADA Mulut nihil.  Selalu menjaga kebersihan Mulut Bayi Dan sering-seringlah beri air minum apalagi sehabis Makan. 6 . PENGOBATAN Obat Yang Yang sering diberikan untuk Anak Yang sariawan yaitu:  Miconazol: miconazole mengandung 25 mg per ml, Dalam, gel prabayar bebas gula. . Gel miconazole dapat diberikan Ke lesi Penghasilan kena Makan  Nistatin: TIAP pastiles mengandung 100.000 Unit nistatin. Satu pastiles harus dihisap perlahan-Lahan 4 Kali sehari selama 7-14 aceh. Pastille lebih enak daripada sediaan nistatin berbaring, Nistatin inisial mengandung gula.  








C. DIAPERUSH 

1. Jelasnya

Diaperush adalah luka lecet atau merah-merah PADA Bayi Yang disebabkan Diposkan oleh pemakaian pampers.pampers Sekali Pakai PADA Bayi disebut popok.

2. Etiologi
 Terlalu lembab 
 Luka atau gesekan 
 Kulit terlalu lama terkena urin, feses, atau keduanya 
 Infeksi jamur 
 Infeksi Bakteri 
 Reaksi Alergi terhadap Bahan popok

3. Penanganan
 Gantilah popok Yang telah Penuh sesering mungkin. 
 Gunakan air bersih desa untuk membersihkan daerah popok terkait masih berlangsung Kali popok mengganti. Gunakan air mengalir sehingga nama dan Kembali dapat membersihkandan membilas Tanpa Perlu regular tidak menggosok. 
 Gunakan Al Ustadz-Ustadz salep atau Krim Pelindung (seperti Yang mengandung zinx ixide atau petrolatum) untuk membentuk lapisan Pelindung PADA kulit. Salep Suami biasanya Tebal Dan Lengket Dan regular tidak Hilang, seluruhnya PADA penggantian popok berikutnya. Perlu diingat garukan atau gosokan Keras KUAT HANYA Akan lebih memperberat kerusakan kulit. 
 Konsultasikan Artikel Baru Dokter nama dan Kembali Bila terjadi: 
a. Melepuh atau terdapat nanah 
b. Regular tidak Hilang Dalam, waktu 48 jam Wire color Kawat warna 72 
c. Menjadi lebih berat untuk 
 Gunakan Krim Yang mengandung steroid HANYA Bila Dokter merekomendasikan nama dan Kembali. Krim nihil JARANG diperlukan Dan mungkin berbahaya

Langkah-langkah berikut Lakukan supaya pemakaian pampers PADA Bayi regular tidak menyebabkan reguler diaperush: 
.  Sebelum mengganti atau menggunakan popok, pastikan Tangan Yang memakainya bersih desa 
 daerah Bersihkan popok Bayi; lipatan paha, paha Atas, anus Dan kelamin. Gunakan lap basah untuk membersihkan. Dan lap Kering untukmengeringkan popok sebelum dipakaikan book value. 
 Agar Bayi regular tidak terkena iritasi oleskan baby oil atau Krim KHUSUS PADA daerah popok. 
 popok Pakaikan Sesuai UKURAN. JANGAN memberikan diapersterlalu Besar Kecil atau. 
 Perhatikan Cara penggunaannya. Pemakaian popok Yang BENAR akanmemberi kenyamanan * Bagi Bayi. 
 Sebaiknya seringlah mengganti popok kalau memang sudah kotoratau "Penuh". Frekuensi penggantian Ulasan Sangat Tergantung frekuensi buang airkecil atau buang air Besar Bayi. JANGAN tunggu Wire color Kawat warna popok tercium bauamoniak, KARENA INILAH Yang Bisa mengakibatkan Kuman mengiritasi kulit. 
 popok SAAT mengganti, ulangi alt Proses Pembersihan sepertidisebut di Atas. Penghasilan kena ITU, biarkan Bayi Tanpa popok sebentar, agarkulitnya "bernafas".

D. Seborrhea 

1. Jelasnya

Seborrhea dalah suatu peradangan kulit PADA Bagian tidak Atas, Yang menyebabkan timbulnya sisik PADA kulit Kepala, Wajah Dan kadang PADA Bagian tidak TUBUH TOTAL. Biasanya, alt Proses pergantian sel-sel kulit PADA Kepala terjadi secara perlahan-Lahan Dan regular tidak terlihat Diposkan oleh mata. Alt Proses pergantian nihil terjadi terkait masih berlangsung Bulan. Jika alt Proses Suami menjadi lebih CEPAT, Maka Akan Timbul gangguan PADA kulit Kepala Yang kitd sebut ketombe danPada Bayi sering disebut Dermatitis seboroik, umumnya terjadi HANYA PADA Bayi KARENA Hal inisial terkait di masa mendatang Artikel Baru hormon androgen ibunya milikini Yang Masih tersisa di Dalam, tubuhnya. "Lewat Bahasa Dari Masa Bayi, masalah Suami Akan menghilang seiring berkurangnya Artikel Baru Kadar hormon androgen."

2. Etiologi
Dermatitis seboroik sering ditemukan sebagai penyakit keturunan Dalam, suatu Keluarga. Salah Satu penyebab ketombe adalah Pitysporum Yang merupakan jamur secara Alami terdapat PADA kulit Kepala Bagian tidak Dan kulit Yang berbaring. 
Dalam, JUMLAH Yang sedikit, jamur Suami regular tidak menyebabkan kerugian Yang berarti. Namun, adanya perubahan cuaca Artikel Baru, hormon, Dan stres, kulit Kepala kitd Akan menghasilkan lebih BANYAK Minyak, sehingga menyebabkan jamur P. Ovale Berkembang Biak. Untuk Artikel berkembangbiaknya jamur nihil, Akan menyebabkan gatal kulit PADA Kepala Dan mempercepat kerontokan sel kulit Yang lama. Hasilnya: Timbul Ketombe.

Kondisi ketombe Yang Parah dermatitis seboroik atau (seborrhea), seringkali ditemukan di kulit Kepala. Namun dapat juga ditemukan di alis mata, pipi, di Belakang Telinga atau Bagian tidak regular tidak dada. Seborrhea berupa sisik berwarna kuning berminyak Yang melekat PADA kulit Kepala 
Faktor resiko terjadinya dermatitis seboreik: 
 Stres 
Kelelahan  
 Kulit berminyak 
 JARANG mencuci Rambut 
 Pemakaian losyen Yang mengandung Alkohol 
 Penyakit kulit (misalnya JERAWAT) 
 Obesitas (kegemukan).

3. Gejala
PADA Bayi baru Negara lahir Yang berumur kurang bahasa Dari 1 Bulan, dermatitis seboroik menyebabkan ruam Tebal berkeropeng berwarna kuning di kulit Kepala (cradle cap) Dan kadang Tampak sebagai sisik berwarna kuning di Belakang Telinga atau beruntusan merah di Wajah. Ruam di kulit Kepala Suami sering disertai ruam popok Artikel Baru. PADA Anak-anak, dermatitis seboreik menyebabkan timbulnya ruam Yang Tebal di kulit Kepala Yang sukar disembuhkan.

Serpihan / Sisik 
Sisik nihil adalah Tanda bahwa kulit di Kepala nama dan Kembali rontok Dan waktu pergantian sel-sel kulit PADA Kepala menjadi lebih CEPAT. Serpihan-serpihan/sisik berwarna putih Artikel Baru berbagai UKURAN Dan bentuk Yang terdapat di kulit Kepala, Rambut, dapat juga melekat PADA baju berwarna hitam favorit nama dan Kembali. Pergantian sel kulit Kepala biasanya regular tidak terdeteksi Diposkan oleh mata. Namun Artikel Baru dipercepatnye alt Proses pergantian Suami, menyebabkan Timbul KETOMBE. Jadi, terkait masih berlangsung butir serpihan / sisik Yang nama dan Kembali lihat sebetulnya adalah kumpulan bahasa Dari sejumlah sel sel kulit mati Kepala Yang Dalam, JUMLAH Besar, sehingga Siaran dan hiburan menjadi perhatian.

Gatal 
Satu Lagi Tanda bahwa nama dan Kembali ber-KETOMBE adalah gatal PADA kulit Kepala. Gatal nihil terjadi KARENA Timbul peradangan kulit PADA Kepala Yang disebabkan p.ovale Diposkan oleh jamur. INILAH Jamur Yang menyebabkan timbulnya ketombe Dan gatal PADA kulit Kepala.

Kemerahan 
Tanda SIBOR Bahasa Dari ketombe dikenal Artikel Baru seborrhea. Dalam, kondisi inisial, terlihat kemerahan di sekitar kulit Kepala. Dapat juga terlihat di sekitar alis mata, pipi, Belakang Telinga atau Bagian tidak dada.

. 4 PENGOBATAN
PENGOBATAN dermatitis seboreik Tergantung kepada USIA Penderita: 
1. Anak-anak. 
Untuk ruam bersisik Tebal di kulit Kepala, Bisa dioleskan Minyak mineral Yang mengandung asam salisilat secara perlahan Artikel Baru menggunakan sikat gigi lembut Yang PADA malam saja aceh. Selama sisik Masih ADA, kulit Kepala juga dicuci Artikel Baru sampo terkait masih berlangsung aceh; Penghasilan kena sisiknya menghilang CUKUP dicuci 2 Kali / minggu.

2. Bayi. 
Kulit Kepala dicuci Artikel Baru sampo Bayi Yang lembut Dan diolesi Artikel Baru Krim hidrokortison. Selama ADA sisik, kulit Kepala dicuci terkait masih berlangsung aceh Artikel Baru Yang sampo lembut; Penghasilan kena sisik menghilang CUKUP dicuci 2 Kali / minggu. Kini BANYAK sediaan Krim, lotion, sampo Dan di Pasaran untuk membasmi ketombe. Produk-Produk Yang digunakan untuk mengatasi ketombe biasanya mengandung asam salisilat, tar batubara, pyrithione seng, selenium sulfida Dan Belerang. Walaupun sebagian digolongkan sebagai Obat Yang Dijual prabayar bebas Dan sebagian digolongkan sebagai Kosmetik, Produk-Produk nihil HANYA dapat mengatasi gejala-gejala Bahasa Dari ketombe, tetapi regular tidak mengatasi penyebab ketombe. 
Satu Yang mengklaim dapat membasmi jamur penyebab ketombe:

5. Kiat Mengatasi
Bila dermatitis seboroik maupun infeksi kurap sudah Dalam, kondisi Yang Parah, segeralah Minta bantuan Ahli untuk mengatasinya. PENGOBATAN-PENGOBATAN Yang dilakukan Diposkan oleh Dokter kulit misalnya, Ulasan Sangat diperlukan untuk penanganan Yang efektif. Namun, meskipun pertolongan Ahli Ulasan Sangat diperlukan, ADA beberapa langkah Yang Bisa kitd lakukan Sendiri untuk penyembuhan Yang lebih Maksimal: 
Dokter Akan memberikan Obat Bila sisik di Kepala Anak terlihat BANYAK Dan harus diangkat. Selain ITU, terutama PADA Bayi, obat nihil biasanya dicampur Artikel Baru Minyak agar Siaran dan hiburan mengenai kulit Kepala. 
 Penggunaan sampo Bisa Saja dilakukan KARENA sampo merupakan Produk Yang dibuat KHUSUS untuk membersihkan kulit Kepala Bahasa Dari Kotoran. Namun hati-hati, gunakan sampo Yang Betul-Betul diperuntukkan * Bagi Anak, Bukan untuk DEWASA orangutan. Sampo untuk orangutan DEWASA umumnya mengandung Bahan sulfaktan, Bahan pewangi, pengawet, Dan sebagainya Yang Bisa mengiritasi kulit Dan mata. Sedangkan sampo Bayi sengaja regular tidak mendapat Atas Transaksi Bahan-Bahan Yang Bakal membahayakannya. Sampo nihil harus lembut KARENA fungsi kelenjar kulit PADA Bayi Dan Anak belum BEKERJA secara Sempurna. 
 Penggunaan sampo untuk membersihkan kulit Kepala memang Ulasan Sangat efektif. Namun regular tidak * Semua Bayi Dan Anak Betul-Betul membutuhkannya. Bila Tanpa sampo tak ADA kelainan Yang Muncul, lebih BAIK gunakan air bersih Net Saja ketika menyuci kepalanya. Frekuensi Yang dianjurkan untuk pemakaian sampo adalah seminggu doa Kali atau Tiga Kali. Namun, umumnya sampo Bayi Ulasan Sangat lembut, sehingga regular tidak masalah Bila dipakai terkait masih berlangsung aceh. 
 BANYAK Anak Yang Aktif di Luar Rumah sehingga BANYAK mengeluarkan keringat Dan cara membuat kepalanya bau. Bila ingin menggunakan sampo terkait masih berlangsung aceh, juga akan membuka sampo JENIS ringan. 
 Untuk ketombe Yang jamur disebabkan, kitd Bisa menanganinya Artikel Baru mengontrol populasi jamur. Kita Bisa mencuci Rambut Anak terkait masih berlangsung aceh Dan pijatlah kulit Kepala Artikel Baru sampo secara perlahan KARENA Akan menghilangkan jamur lewat serpihan kulit Yang lepas. 
 PADA kasus KARENA infeksi kurap, PENGOBATAN regular tidak Selalu harus dilakukan Diposkan oleh Dokter. Kita Bisa menggunakan Obat antijamur Yang Bisa didapat di apotek. Carilah Produk-Produk Yang mengandung 2% clotrimezol. PADA beberapa Anak Yang Sensitif Artikel Baru Produk Krim, oleskan sedikit Saja. Namun jika terjadi ruam, cobalah konsultasikan PADA Dokter untuk mendapatkan alternatif PENGOBATAN Yang berbaring. 
 Biasakan untuk mencuci Tangan Selalu sesudah menyentuh kulit Kepala Anak Yang terkena infeksi. Hal inisial dilakukan untuk menghindari penularan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment